Berkunjung ke Brebes, Menteri Rini Soemarno Ingin Petani Bawang Sejahtera. Caranya??

Berkunjung ke Brebes, Menteri Rini Soemarno Ingin Petani Bawang Sejahtera. Caranya??

209
0
BERBAGI
Menteri BUMN Rini Soemarno saat berkunjung ke Brebes, Selasa, 8 November 2016. (Foto: Raihan/Panturapost.com)

BREBES, Panturapost.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, berkunjung ke Kabupaten Brebes, Selasa, 8 November 2016. Kedatangannya ke Brebes kali ini untuk meninjau kampung bawang yang ada di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari.

Rini yang ditemani sejumlah pejabat BUMN tersebut tiba di Balai Desa Jagalempeni sekitar pukul 12.00 WIB. Dalam kesempatan itu, dia menyatakan persoalan utama petani bawang itu adalah rantai distribusi yang terlalu panjang. Sehingga mereka kerap tidak bisa menikmati hasil panen, kendati harga bawang sedang naik. “Makanya harus diselesaikan dari hulu hingga hilir,” ujar dia.

Program kampung bawang ini adalah satu upaya untuk mensejahterakan petani. Sebab, program ini bisa memutus panjangnya rantai distribusi. Program kampung bawang ini juga memudahkan para petani untuk memperoleh modal. “Mereka mendapatkan kartu tani yang bisa digunakan untuk akses permodalan dan pencairan dana,” kata dia.

Di kampung bawang, sejumlah BUMN akan disinergikan. Misalnya untuk permodalan akan ditangani oleh tiga bank BUMN yakni BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Para petani yang mempunyai lahan 1 hektare akan mendapatkan modal sekitar Rp 128 juta. “Dengan begitu kami berharap hidup petani bawang merah di brebes bisa lebih sejahtera,” kata dia.

Program ini juga melibatkan Perum Bulog, yang berperan untuk membeli┬áhasil panen. Menurut Direktur Pengembangan Ekonomi Perum Bulog, Imam Subowo, harga akan ditentukan sebelum masa tanam berlangsung. “Sehingga ketika panen, kami tingga beli dengan harga yang sudah ditentukan. Nanti bisa dihitung keuntungan petani berapa, dengan melihat modal yang sudah dikeluarkan,” jelas dia.

Kampung bawang di desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, kata dia, merupakan proyek percontohan. Jika sukses, kedepan kampung bawang akan dibentuk di beberapa daerah penghasil bawang lainnya. (Rhn)

LEAVE A REPLY