Pantai Pesisir Pantura Tegal Rusak Parah, Penyebabnya?

Pantai Pesisir Pantura Tegal Rusak Parah, Penyebabnya?

309
0
BERBAGI
Pantai pesisir muarareja Kota Tegal (foto dok Humas Pemkot Tegal)

TEGAL, Panturapost.com – Pantai pesisir Muarareja Kota Tegal rusak parah akibat terdampak abrasi. Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal pun beberapa kali melakukan pemantauan pantai dan mendokumentasikan pantai yang terkena dampak abrasi dan pengecekan tanaman sekitar pantai.

Kabul Pamujo, Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal memantau dengan seksama area pantai Muarareja. Kabul menyampaikan bahwa pemantauan tersebut salah satu tupoksi dari seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan.

‘’Iventarisasi kerusakan pantai kami lakukan setiap bulan, kerusakan lingkungan bisa perhari perdetik karena alam harus selalu di pantau,’’ ucap Kabul kemarin.

Dinas Lingkungan Hidup melakukan pantauan pantai Kota Tegal meliputi Pantai Muarareja, Pantai Mintaragen, Pantai Panggung, Pantai di Tegalsari.

Kabul menambahkan bahwa sejak 2008 ada bangunan pemecah gelombang atau growing sehingga abrasi relatif dapat tertahan.

‘’Abarasi tidak masuk terlalu kedalam garis pantai, karena adanya pembangunan growing atau pemecah gelombang dari provinsi, yang meliputi pantai Muarareja hingga pantai Panggung’’, tambahnya.

Dikatakan Kabul, sebelum 2008 kondisi abaraso paling parah berada di pantai Muarareja, setelah ada pemecah gelombang mampu bertahan garis pantainnya.

Selain itu, DLH juga memantau tanaman disekitar pantai. Pantauan berupa pemeliharaan dan konsisi terakhir tanaman sekitar pantai. Keberdaan masyarakat yang membentuk kelompok juga memiliki peran dalam pemeliharaan tanaman di area pantai.

Pemanfaatan lahan untuk kegiatan pariwisata juga menandakan adanya kesinambungan antara masyarakat dan pemerintah. (MAQ)

 

LEAVE A REPLY