Kisah Kakek Asal Songgom Brebes, 15 tahun Tinggal di Kandang Kambing

Kisah Kakek Asal Songgom Brebes, 15 tahun Tinggal di Kandang Kambing

1751
2
BERBAGI
%
Kakek asal Songgom tinggal di Kandang Kambing selama 15 tahun.

BREBES, Panturapost.com – Bau kotoran kambing sudah menjadi hal yang lumrah bagi Datam, kakek berusia 72 tahun yang hidup di kandang kambing selama 15 tahun yang berada di Desa Gegerkunci Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes.

Datam berbagi tempat bersama kambing – kambingnya dalam satu kandang yang berukuran 3×5. Hanya dipisahkan oleh sekat dinding bambu. Kamarnya kumal beralaskan dipan kayu dan bantal balutan karung beras. Jauh dari kata layak, ia yang kini berusia senja harus menghidupi dirinya dengan mencari rumput untuk kambingnya itu.

Ditemui di kandang kambing sekaligus tempat tinggalnya, Jumat pagi 15 September 2017, Datam mengaku hidup seorang diri, sejak ditinggal istrinya Kaswi yang meninggal 15 tahun silam. “Saya sendirian di sini, anakpun tidak ada, istri saya sudah meninggal,” kata Dastam.

Diakui oleh kakek lanjut usia itu, kambing yang ia rawat bukanlah miliknya melainkan ada sebagian milik orang lain. “Ada 8 kambing, punya saya 4 yang lainnya punya orang nitip” ujarnya.

Sementara itu Tamisah (46) tetangga Dastam mengaku kasihan melihat kondisi tersebut akhirnya mengalirkan listrik untuk sekedar menyalakan lampu. “Dari pertama sudah saya kasih aliran listrik dan lampu neon 5 watt, lumayan jadi kalau malam tidak gelap,” jelas Tamisah.

Warga sekitar berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk memberikan tempat yang layak bagi Datam, sehingga bisa menikmati masa tuanya.⁠⁠⁠⁠ (Fst)

2 KOMENTAR

  1. Maaf…itu bukan 15 tahun tinggal bersama kambing.selama itu bapak datam tinggal di rumah2 penduduk yang di tinggal ke luar kota pa keluar negeri dan waktu ada survei dari DINSOS pas tinggal sama kambing. Karena takut kambing peliharaannya ada yang “maling”.jadi bapak dastam tidur dengan kambingnya

LEAVE A REPLY