Tinggal di Kandang Kambing, Kakek Datam Asal Songgom Brebes Hidup Sebatang Kara

Tinggal di Kandang Kambing, Kakek Datam Asal Songgom Brebes Hidup Sebatang Kara

577
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Kisah kakek Datam asal Desa Geger Guci, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes membikin miris banyak orang. Di zaman serba teknologi semacam ini, masih ada orang yang hidup di kandang kambing seperti kakek berusia 72 tahun ini. Bahkan hingga belasan tahun.

Tamisah (46) tetangga Dastam mengaku kasihan melihat kondisi tersebut. Dia pun akhirnya memberi bantuan aliran listrik dari rumahnya ke kandang Dastam. Listrik tersebut untuk sekedar menyalakan lampu.

“Dari pertama sudah saya kasih aliran listrik dan lampu neon 5 watt, lumayan jadi kalau malam tidak gelap” jelas Tamisah.

Dengan penghasilan yang tidak menentu karena hanya menjual kambing setahun sekali saat Idul Adha, Warga sekitar berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk memberikan tempat yang layak bagi Datam, sehingga bisa menikmati masa tuanya.⁠⁠⁠⁠

Sementara itu, Kepala Desa Geger Kunci, Sulyono menjelaskan sekitar 20 tahun yang lalu Dastam pernah memiliki rumah. Tapi dijual untuk biaya pengobatan istrinya yang saat itu sakit-sakitan hingga meninggal dunia.

Dia lalu menikah lagi dan tinggal di rumah keluarga istrinya. Namun Datam akhirnya cerai dan tinggal di kandang kambing hingga sekarang.

Lelaki tua ini juga tidak memiliki seorang anak. Hubungan sanak keluarga juga sudah putus, sehingga ia hidup sebatangkara di masa senjanya.

“Dia berasal dari Desa Kedawon Larangan, tapi sekarang sudah tidak pernah pulang, atau keluarganya yang datang kemari,” terang Kades Geger Kunci.

Kades menambahkan, banyak warga yang iba dengan kondisi Datam. Namun mereka hanya bisa memberikan bantuan seadanya seperti makanan dan jamu jika mengeluh sedang tidak enak badan. (Rhn/Dtc)

LEAVE A REPLY