Bea Cukai Tegal Musnahkan Ribuan Barang Ilegal, Termasuk Drone dan Smartphone

Bea Cukai Tegal Musnahkan Ribuan Barang Ilegal, Termasuk Drone dan Smartphone

445
0
BERBAGI
Bea Cukai Tegal memusnahkan barang-barang ilegal hasil sitaan selama periode 2016-2017.

TEGAL, Panturapost.com – Ribuan barang tak berizin atau illegal dimusnahkan petugas Bea Cukai Tegal, Selasa, 21 November 2017. Barang-barang itu merupakan hasil sitaan selama 2016 hingga 2017.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tegal, Bambang Wikarsono, mengungkapkan pemusnahan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksnaan operasi pasar dan patroli darat. Barang-barang itu ditemukan di beberapa daerah di eks Karesidenan Pekalongan atau dari Brebes hingga Batang.

“Operasi di bidang cukai ini untuk menekan tingkat peredaran barang kena cukai ilegal dan meningkatkan kepatuhan pengusaha cukai,” tegas Bambang.

Di antara barang yang dimusnahkan yakni rokok, minuman keras, tembakau, termasuk drone dan telepon pintar (smartphone). Dia merinci, ada 1.254 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dengan berbagai merek, 74.463 batang rokok ilegal, serta 45.410 gram tembakau iris ilegal.

Selain rokok dan minuman keras, petugas memusnahkan satu unit handphone, satu drone, satu unit kerangka sepeda. Ada juga dua unit CCTV,  satu gitar, satu dus flashdisk, berbagai jenis pakaian, mainan anak, dan kosmetik serta barang lainnya.

Menurut Bambang nilai barang yang dimusnahkan tersebut sekitar Rp 260 juta. Adapun nilai potensi kerugian negara sekitar Rp 169 juta. “Dengan pemusnahan ini diharapkan memberikan situasi kondusif terhadap peredaran barang kena cukai,” katanya. (Rhn)

 

LEAVE A REPLY