Truk Terperosok di Jalur Kaligua Lumpuhkan Ekonomi, Pemilik Ganti Rugi Pedagang Sayuran

Truk Terperosok di Jalur Kaligua Lumpuhkan Ekonomi, Pemilik Ganti Rugi Pedagang Sayuran

864
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Puluhan pedagang sayuran yang tertahan di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan pukul 11.00 WIB mendatangi kantor desa setempat, Jumat 24 November 2017. Para pedagang sayur itu meminta ganti barang dagangannya akibat kejadian kontainer yang terperosok.

Pedagang asal Dusun Tretepan, Kirun menuturkan, mobil bak terbukanya terpaksa tidak bisanya melewati jalur Kretek-Kaligua. Hal ini, kata dia, membuat sayuran berkwintal miliknya terancam membusuk. “Saya bawa kubis 4-5 kwintal, belum lagi kentang dan lainnya. Total mencapai Rp 800 ribuan mas,” katanya.

Kerugian Kirun ternyata belum seberapa. Riko pedagang asal Desa Gronggongan bahkan menderita kerugian mencapai Rp 2,5 juta. Riko mengungkapkan, rencananya sayuran miliknya akan dijual ke Ajibarang, Banyumas.

“Saya bawa kentang, kubis dan lainnya. Padahal sayuran ini sudah saya panen dan dikumpulkan sejak lama untuk dijual di Ajibarang atau ke Pasar Grengseng,” kesalnya.

Perwakilan dari pedagang dan warga, Wahyono pun meminta kepada PT Hari Burton untuk memberikan ganti rugi kepada pedagang. Selain itu, dia mendesak, agar ganti rugi juga diberikan kepada angkutan yang tidak bisa melintas.

Setelah dilakukan musyawarah, pihak PT Burton selaku pemilik kontainer menyanggupi untuk memberikan ganti rugi kepada warga. Nominal ganti rugi yang diberikan yakni untuk truk Rp 850 ribu, mobil engkel Rp 600 ribu, dan mobil bak terbuka Rp 300 ribu.

Lalu, untuk seluruh sayuran akan dibeli oleh oleh PT SAE dan PT Hariburton. Sementara proses pencairan akan dilakukan pada Sabtu 25 November 2017.

Humas PT Hariburton Nina B ketika dikonfirmasi oleh awak media, enggan untuk berkomentar. Akan tetapi, pihaknya secepatnya akan memberikan pernyataan resmi kepada media terkait hal ini.

“Untuk prosedurnya kita akan sampaikan lewat press release. Kita tidak bisa bicara banyak disini,” katanya singkat.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Sugiharto yang datang langsung mengungkapkan, untuk mengevakuasi kontainer yang terperosok, sudah dilakukan upaya dengan meminta crane dari Cirebon. Rencananya, kata dia, kontainer akan dievakuasi pada malam hari.

Seperti diberitakan, sebuah kontainer terperosok di jalur Kretek-Kaligua, pada Jumat dinihari, 24 November 2017. Kendaraan bernopol B 9987 UU itu terperosok dikarenakan tidak kuat menahan beban berat. Akibatnya, terjadi antrian karena kendaraan roda empat tidak bisa melintasi. (sul)

LEAVE A REPLY