FOTO: Kebakaran Hebat Pabrik Pengolahan Kayu Terbesar di Kabupaten Pekalongan Semalam

FOTO: Kebakaran Hebat Pabrik Pengolahan Kayu Terbesar di Kabupaten Pekalongan Semalam

116
0
BERBAGI
kebakaran pabrik pengolahan kayu di Kabupaten Pekalongan (foto istimewa)

Panturapost.com, Pekalongan – Kebakaran hebat terjadi di sebuah pabrik kayu terbesar di Kabupaten Pekalongan di Desa Tanjungkulon Kecamatan Kajen, Selasa (2/1) malam sekitar pukul 18.45 WIB.

Bahkan, kobaran api dengan ketinggian mencapai tujuh meter juga terlihat dari tugu titik nol yang berada di persimpangan Kajen yang berjarak sekitar satu kilometer dari sumber api di pabrik pengolahan kayu milik PT Duta Albasia.

Informasi yang berhasil dihimpun panturapost.com, kebakaran yang menghanguskan sejumlah gudang di sebuah pabrik pengolahan kayu terjadi saat sedang memproses oven kayu.

Selepas salat magrib, sejumlah karyawan kaget saat ruang oven pengeringan kayu di pabrik mendadak mengeluarkan asap hitam tebal membumbung tinggi disertai dengan kobaran api yang menyala.

Sejumlah pekerja yang saat itu bekerja shift malam sontak kocar-kacir melihat ruang oven pabrik terbakar. Empat pekerja berhasil lari menyelamat diri dari lokasi kejadian karena saat berada di luar ruang oven.

Kasubaghumas Polres Pekalongan AKP M Dahyar mengatakan, kebakaran pabrik kayu itu terjadi di sekitar pukul 18.45 WIB.

Saat kejadian, lanjut dia, pegawai sedang istirahat. Semula pegawai bagian boiler yang mendapat bagian membuka asap di caddy boiller memberitahukan kepada bagian operator forklift bahwa asap di pembuangan boiler yang biasanya tipis pada saat dibuka dalam keadaan tebal.

“Setelah dilakukan pengecekan ternyata telah terjadi kebakaran di ruang oven pengeringan kayu yang berisi ratusan kubik kayu bahan mentah yang telah dikeringkan,” ucap M Dahyar, Rabu 3 Januari 2017.

2 Gudang Oven Hangus Terbakar

Mendapat laporan tersebut petugas keamanan pabrik kemudian mengecek dan melaporkan kepada pemadam kebakaran.

“Sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran dibantu pemadam kebakaran dari kota Pekalongan diturunkan,” kata dia.

Karena api yang begitu besar menghanguskan gudang oven yang terisi kayu penuh, membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan menjinakan api itu.

“Sekitar empat setengah  jam api baru bisa dipadamkan. Beruntung api tidak menjalar ke gudang yang lain hanya pada 2 gudang oven tersebut,” jelasnya.

Diperkirakan, kerugian material kayu yang hangus terbakar diperkirakan lebih dari satu miliar.

“Saat ini polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Rencana Rabu ini dari Puslabfor Polda Jateng akan datang kesini untuk memastikan penyebab kebakaran,” dia memungkasi. (MAQ/NUG)

 

LEAVE A REPLY