Sekda Brebes : Bantu Petani, Hari Ini ASN Silahkan Borong Bawang Merah

Sekda Brebes : Bantu Petani, Hari Ini ASN Silahkan Borong Bawang Merah

69
0
BERBAGI

Panturapost.com, Brebes – Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Emastoni Ezam menyatakan, jika pembelian bawang merah oleh ASN di jajarannya akan bekerjasama dengan ratusan kelompok tani yang ada di Brebes.

“Mulai Rabu pagi ini silahkan ASN bisa membeli bawang merah di kantor masing-masing minimal 2 kg per orang. Bawang itu langsung dari petani bukan tengkulak,” ucap Emastoni Ezam, kemarin.

Setiap ASN di dinas, lanjut dia, akan melakukan pembelian bawang merah di kelompok tani yang berbeda. Ini bertujuan agar penyerapan bawang merah langsung di petani itu bisa merata.

“Besok sudah kami mulai aksi pembelian bawang merah ini. Hari ini (kemarin) Bupati telah mengirimkan surat edaran, dan saya sudah perintahkan Asisten II untuk langsung berkoordinasi dengan kelompok tani,”ia menambahkan.

Sedanglan jumlah total ASN di lingkungan Pemkab Brebes, termasuk para guru ada sebanyak 12.000 orang. Sehingga, dengan pembelian setiap ASN sebanyak 2 kg, minimal nantinya akan menyerap bawang petani sebanyak 24 ton.

“Semoga dengan upaya borong bawang oleh ASN ini diharapkan bisa membantu mendongkrak harga bawang yang sekarang sedang jatuh akibat panen raya diberbagai daerah secara serentak,” kata dia.

Seperti diketahui, saat ini harga bawang merah di Brebes sedang turun. Bawang kualitas super Rp 7.000-8.000 per kg. Sedangkan kualitas standar Rp 3.000/kg. Akibat anjloknya harga ini, petani menderita kerugian yang cukup besar. (MAQ/NUG)

LEAVE A REPLY