Demo Tolak Pelarangan Cantrang, Ribuan Nelayan Bakal Blokade Jalingkut Tegal

Demo Tolak Pelarangan Cantrang, Ribuan Nelayan Bakal Blokade Jalingkut Tegal

543
0
BERBAGI

TEGAL, Panturapost.com – Ribuan nelayan berencana memblokade jalan lingkar utara (Jalingkut) pada Senin 8 Januari 2018. Ribuan nelayan kota Tegal yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan Kota Tegal bersama pelaku usaha perikanan lainnya akan menggelar aksi unjuk rasa menolak pelarangan alat tangkap cantrang oleh pemerintah.

Pengurus PNKT Riswanto mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Ribuan nelayan akan menduduki jalingkut untuk menolak Permen KP nomor 71 tahun 2016 tentang pelarangan cantrang. “Regulasi ini sudah diberlakukan pada 1 Januari 2018 tahun ini,” katanya dalam siaran pers yang diterima Panturapost.com, Ahad, 7 Januari 2017.

Pelarangan cantrang ini akan berakibat pada lesunya ekonomi di wilayah pelabuhan di Kota Tegal. Sebab, diperkirakan akan ada 600 kapal cantrang yang mangkrak. Akibatnya sebanyak 12.000 orang abk/nelayan menganggur serta kehilangan penghasilan untuk menafkahi anak istri mereka.

 

Riswanto mengungkapkan, nelayan cantrang telah berulang kali melakukan uji petik yang dilakukan oleh berbagai lembaga seperti DPRD, DKP Propinsi Jateng, Walikota Tegal maupun Peneliti/Akademisi IPB. “Berdasar hasil uji petik diatas semua pihak meyakini bahwa alat tangkap cantrang ramah lingkungan.”

Kaeena itu, pihaknya meminta kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk membuktikan keamanan cantrang. Yakni melakukan uji petik bersama dengan membentuk tim independen yg terdiri dari unsur akademisi, para ahli, stake holder dan pemerintah.

“Permintaan dari nelayan tersebut sangatlah sederhana dan wajar namun sampai sekarang kenapa pemerintah dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan tidak mau melakukannya?” pungkasnya. (Rhn)

LEAVE A REPLY