10 Kapal Tradisional di Tegal Terbalik Diterjang Ombak, Begaimana Nasib Nelayan?

10 Kapal Tradisional di Tegal Terbalik Diterjang Ombak, Begaimana Nasib Nelayan?

332
0
BERBAGI
Detik-detik penyelamatan nelayan di Suradadi yang kapalnya terbalik diterjang ombak, Kamis, 11 Januari 2018.

TEGAL, Panturapost.com – Sepuluh kapal nelayan tradisional di Suradadi, Kabupaten Tegal terbalik akibat dihajar ombak besar, Kamis pagi, 11 Januari 2017. Akibatnya satu orang dinyataan hilang dan 19 nelayan berhasil diselamatkan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa itu terjadi saat ombak besar setinggi empat meter menerjang dua wilayah tersebut menjelang subuh. “Waktu itu, lagi mau ke tepi mau pulang, habis mencari ikan. Waktu itu kena ombak empat atau tiga meter. Beberapa kali dihajar ombak, perahu terbalik,” kata Bagus, salah satu nelayan Suradadi yang berhasil selamat.

Bagus mengatakan, saat itu belum ada yang menyelamatkan. Ketika itu posisi Bagus berada di jarak sekitar 300 meter dari bibir pantai. Dia mengaku sempat terombang ambing hingga tiga jam, sebelum akhirnya diselamatkan warga. “Saya berenang sampai tepi, usaha sendiri. Lalu ada warga yang menolong,” kata dia.

Saat itu, ada 10 perahu yang yang berangkat melaut. Satu perahu ditumpangi masing-masing dua orang. Sehingga ada 20 nelayan yang ikut berlayar saat itu. Dari 20 orang itu 19 nelayan berhasil diselamatkan, sedangkan satu orang atas nama Madi, 33 tahun, belum ditemukan. Hingga kamis siang, Tim SAR kesulitan melakukan pencarian karena ombak masih besar.

Adapun beberapa nelayan yang selamat hingga Kamis siang masih menjalani perawatan di RSUD Suradadi. Mereka menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami kedinginan dan kelelahan setelah bertahan di laut selama tiga hingga lima jam. Mereka berhasil menyelamatkan diri setelah berenang sejauh 300 meter dari bibir pantai hingga di selamatkan warga di sekitar lokasi. (Rhn)

LEAVE A REPLY