Geruduk Kantor Bulog, Puluhan Petani Brebes Minta Bawang Merah Dibeli Rp 15...

Geruduk Kantor Bulog, Puluhan Petani Brebes Minta Bawang Merah Dibeli Rp 15 ribu per Kilogram

251
0
BERBAGI
Puluhan petani bawang merah Brebes geruduk kantor Bulog Sub Divre Pekalongan, Jumat, 12 Januari 2018.

BREBES, Panturapost.com – Puluhan perwakilan kelompok tani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bawang merah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kembali turun ke jalan. Kali ini, mereka menggelar aksi demo di kantor Sub Divre VI Bulog Wilayah Pekalongan, Jumat (12/1/2018).

Dengan menumpang truk, sepeda motor roda tiga, mobil pick up mereka  menggeruduk kantor Bulog yang berada di Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal.  Mereka mendesak pihak Bulog segera membeli atau menyerap produk petani Brebes, bawang merah yang saat ini harga ditingkat petani sedang anjlok hingga ke titik terendah hanya Rp 4 ribu per kg.

Para petani juga membentangkan sejumlah  spanduk yang berisikan tuntutan mereka berukuran besar dibentang di depan kantor bulog. Nurjanto (40) seorang petani yang ikut berorasi mengatakan, kedatangannya ke bulog untuk mempertanyakan keseriusan bulog yang akan membeli bawang petani. Bahkan, instruksi Menteri Pertanian yang menginstruksikan agar bulog membeli bawang petani belum ditindaklanjuti di daerah-daerah.

“Pemerintah pusat sudah ada instruksi, jadi kamj minta segera agar bulog menyerap hasil panen petani sesuai apa yang diminta Menteri Pertanian pada saat berkunjung ke Brebes tahun 2017 lalu. Tapi sudah setahun ini belum terealisasi juga,” ucap Nurjanto.

Petani meminta agar Bulog membeli dengan harga Rp 15.000 – 18.000 per kg. Dengan harga ini akan membantu petani bawang yang sedang mengalami kerugian akibat harganya anjlok.

Menanggapi hal itu, Kepala Sub Divre VI Bulog Pekalongan, Muhson mengatakan pihaknya sudah siap untuk menyerap bawang merah langsung dari petani. Kendati demikian,  lanjut dia, penyerapanya dilakukan secara bertahap.

“Saat ini Bulog sudah membeli gudang bawang di Desa Klampok Kecamatan Wanasari. Untuk total mencapai 8 ton bawang merahvyang sudah diserap,” ia menambahkan.

Selain itu, kata Muhson, Bulog juga sudah membuat gudang penyimpanan bawang di Wansari Brebes. “Saat ini sudah bulog sedang menyiapkan 10 gudang penyimpanan bawang merah. Karena kamj selama ini terkendala tempat penyimpanan. Untuk sementara nanti juga bisa disimpan di gudang bawang di kudus,” dia memungkasi. (Nug)

LEAVE A REPLY