Hampir 200 Ribu Keluarga di Brebes Terima Beras Rastra, Kualitasnya?

Hampir 200 Ribu Keluarga di Brebes Terima Beras Rastra, Kualitasnya?

124
0
BERBAGI
Bupati Brebes Idza Priyanti meluncurkan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) se Kabupaten Brebes. Luncuran Rastra ditandai dengan pengibasan bendera start dan penyerahan secara simbolis kepada 10 orang KPM di depan Pendopo Brebes

Panturapost.com, Brebes – Bupati Brebes Idza Priyanti meluncurkan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) se Kabupaten Brebes. Luncuran Rastra ditandai dengan pengibasan bendera start dan penyerahan secara simbolis kepada 10 orang KPM di depan Pendopo Brebes, Senin (29/1) kemarin.

“Bismillahirohmanirokhim, sebanyak 1.799.150 kilogram Rastra Medium mulai hari ini didistribusikan ke balai desa dan kantor kelurahan se Kabupaten Brebes,” ucap Idza Priyanti.

Menurut Idza, beras Rastra tersebut berkualitas medium dibagikan secara cuma-cuma alias gratis untuk Keluarga Penerima Manfaat masing-masing 10 Kg. “Sekali lagi gratis, tidak ada uang tebusan dari KPM, dan bila ada yang menarik pungutan tentu ada sangsi sesuai aturan,” tegasnya.

Dia menjelaskan, saat ini hanya ada 179.915 KPM se Kabupaten Brebes bahkan untuk tahun 2018 sebanyak 76 sudah mulai membaik kesejahteraannya atau tingkat ekonominya meningkat. Sehingga tidak lagi sebagai Keluarga Penerima Manfaat.

Masyarakat KPM, kata Idza, akan menerima Rastra untuk bulan Januari dan Februari 2018. Sedangkan untuk bulan Maret hingga Desember 2018 KPM akan menerima bantuan pangan non tunai berupa Kartu Merah Putih.

“Kartu Merah Putih ini diberikan kepada 510 KPM masing-masing Kartu Merah Putih senilai Rp 500 ribu,” ujarnya.

Belanja di E Waroeng

Kartu Merah Putih, tutur Idza, bisa untuk belanja barang kebutuhan di E Waroeng atau Elektronik Warung Gotong Royong. Saat ini sudah ada 12 E Waroeng yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes. “Kami sedang mengusulkan 33 E Waroeng lagi,” tuturnya.

Kata Idza, E Waroeng didirikan dengan menggandeng Bank seperti BNI 46 yang membiayai pendirian dan permodalan. “Satu E Waroeng dimodali Rp 30 juta,” jelasnya.

Wakil Kepala Sub Divre Perum Bulog Pekalongan Hj Farida menambahkan, Bulog telah menyiapkan Beras Rastra kualitas Medium. Farida berbahagia melihat tingkat kesejahteraan masyarakat Brebes khususnya, mulai membaik. Terbukti, bila menerima beras kualitas medium maka ada yang mencampur dengan beras kualitas premium.

“Kehidupan masyarakat kita semakin membaik, terbukti konsumsi makannya pun memilih yang terbaik,” ujar Farida saat mendampingi peluncuran bantuan sosial Rastra. (MAQ/NUG)

LEAVE A REPLY