Dijanjikan Masuk TNI AL, Warga Wanasari Brebes Tertipu Rp 21 Juta

Dijanjikan Masuk TNI AL, Warga Wanasari Brebes Tertipu Rp 21 Juta

720
0
BERBAGI
Ilustrasi Penipuan. (Foto: Detik.com)

BREBES, Panturapost.com – Kasus penipuan berkedok pendaftaran Calon Tamtama Angkatan Laut (Catam AL) 2018, menimpa Ilham (20) warga Desa Tanjungsari Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Awalnya, Ilham memang berencana mendaftar Catam AL lewat online. Namun hingga saat ini belum mendapatkan informasi terkait seleksi tersebut. Di tengah kebimbangannya, datang seorang yang mengaku sebagai Kapten Suroso dan mengenalkan Ilham dengan seorang Kolonel Danlanal Semarang yang mengaku bernama Sigit Purwanto.

Dari perkenalan lewat telepon tersebut, Sigit Purwanto memberi saran kepada ilham untuk mentransfer sejumlah uang dengan iming – iming bisa langsung ke Semarang untuk mengikuti Pantukhir. Saran tersebut dilakukan oleh Ilham. “Sayan langsung transfer 21 juta ke rekening dia,” kata Ilham.

Setelah menunggu beberapa lama, tiba saatnya untuk tes pantukhir, namun tidak ada kabar sama sekali dari Lanal Semarang. Alih-alih menunggu kabar baik, Sigit kembali menelpon dengan alasan uang transferan tidak bisa ditarik karena rekeningnya terblokir, sehingga Ilham tidak bisa mengikuti pantukhir. Merasa ditipu, Ilham akhirnya mendatangi Koramil Wanasari.

Dandim 0713/Brebes melalui Danramil Wanasari Kapten Arh Nediono membenarkan adanya laporan dari warganya terkait kasus penipuan tersebut. “Begitu ada laporan, kami langsung menghubungi nomor yang mengaku Sigit tersebut, dan ternyata benar seorang penipu,” jelas Nediono.

Danramil Nediono menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap penipuan dengan modus tersebut. “Ini sering terjadi, penipuan yang memanfaatkan nama pejabat atau instansi, jadi harus tetap waspada dan jangan mudah tergiur,” Nediono memungkasi. (Fst)

LEAVE A REPLY