Hujan Lebat Guyur Brebes Selatan, Sejumlah Rumah Tertimpa Longsor

Hujan Lebat Guyur Brebes Selatan, Sejumlah Rumah Tertimpa Longsor

567
0
BERBAGI

BREBES – Tebing longsor kembali terjadi di Wilayah Brebes Selatan. Kali ini, Talud penahan tebing setinggi 4 meter yang berada di Desa Citimbang Rt. 05 Rw. 02 Kecamatan Salem, longsor dan menimpa salah satu rumah warga di bawahnya, Rabu (7/2/2018).

Seorang Babinsa Desa Citimbang, Serda Subhan menuturkan sekira pukul 17.30 WIB, talud penahan tebing setinggi 4 meter dan panjang kurang lebih 10 meter. Tiba-tiba longsor menimpa salah satu warga Durian pada bagian dinding belakang dan samping rumah.

Ini terjadi akibat tingginya curah hujan di Kecamatan Salem yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Sehingga mengakibatkan labilnya tanah dalam meyerap air hujan dengan intensitas yang tinggi.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dari pemilik rumah maupun warga lainnya. Namun diperkirakan kerugian bangunan dan talut diatas 15 juta rupiah,”paparnya.

Sebelumnya talud penahan tebing setinggi 4 meter di Desa Citimbang Rt. 05 Rw. 02 longsor menimpa salah satu rumah warga di bawahnya pada Pukul 17.30 WIB.

Tiga puluh menit berselang, sekira Pukul 18.00 WIB, tebing atau tanah longsor menerjang rumah Tarhim (45) di Rt. 06 Rw. 02 Desa Ganggawang dengan penyebab serupa, yaitu labilnya tanah tebing akibat tingginya guyuran hujan.

Menurut keterangan dari Batitiuud Koramil 13/Salem, Pelda Jahri, tebing di Desa Ganggawang Rt. 06 Rw. 02 longsor dan lagi-lagi akibat tanah labil karena tingginya guyuran hujan.

“Tanah tebing menimpa rumah Bapak Tahrim, namun alhamdulillah tidak sampai terjadi korban jiwa,” ujarnya.

Sedangkan untuk kerugian materiil ditaksir sekitar 23 jutaan. Dia mengatakan, pihaknya bersama dengan Kepala Desa serta perangkat desa segera melaksanakan koordinasi guna langkah penanganan selanjutnya.

Penghuni rumah juga diungsikan ke tempat yang lebih aman. Untuk sementara tinggal di tempat saudara atau tetangga sekitar, guna menghindari longsor susulan. (Reza Abineri)

LEAVE A REPLY