Bupati Idza Perintahkan Semua PNS di Brebes Beli Bawang Rp 18 ribu...

Bupati Idza Perintahkan Semua PNS di Brebes Beli Bawang Rp 18 ribu per kilogram

730
0
BERBAGI
%
Bawang Merah (Foto: Raihan/panturapost.com)

BREBES, Panturapost.com – Anjloknya harga bawang merah membuat para petani di Brebes merugi. Harga jual yang merosot hingga Rp 4.000 per kilogram tak menutup modal yang sudah mereka keluarkan untuk menanam. Para petani pun menggelar unjuk rasa pada Jumat, 29 Desember 2017.

Bupati Brebes Idza Priyanti merespons anjloknya harga bawang ini. Idza menginstruksikan seluruh PNS yang ada di Kabupaten Brebes untuk membeli bawang merah. Upaya ini dilakukan agar hasil panen para petani bawang merah di Brebes bisa terserap dengan baik.

“Kami minta seluruh PNS yang ada di Brebes ini untuk membeli bawang merah minimal dua kilogram,” kata Idza seusai menemui ratusan petani di kantornya, Jumat lalu.

Idza melanjutkan, langkah tersebut dinilai efektif untuk menyerap hasil panen karena di Brebes jumlahnya mencapai 12 ribu orang. Apalagi, para pegawai diwajibkan membeli dengan harga minimal Rp 18 ribu per kilogram. “Jadi bawang merah kami beli dengan harga lebih tinggi,” katanya.

Selain menginstruksikan bawahannya untuk membeli bawang, Idza juga akan melakukan komunikasi dengan kementerian pertanian terkait tuntutan para petani. Misalnya soal penolakan pembukaan lahan budidaya bawang merah di 10 daerah, dan menjadikan Brebes sebagaipusat pembibitan dan produksi bawang merah nasional. (Rhn)

LEAVE A REPLY