Giliran PNS Brebes Ramai-ramai Borong Bawang Merah, Harganya?

Giliran PNS Brebes Ramai-ramai Borong Bawang Merah, Harganya?

273
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Setelah aparat kepolisian melakukan aksi borong ke petani, kini giliran pegawai negeri sipil (PNS) di Brebes yang memborong bawang merah. Puluhan PNS yang bertugas di Kantor Setda Brebes ramai-ramai beli bawang merah, Selasa, 2 Januari 2017.

Sebuah pengumuman dari pengeras suara menggema di kompleks Kantor Setda Brebes, Selasa sore. Pengumuman itu memberitahukan kepada para PNS agar tidak pulang dulu untuk membeli bawang merah.

Sontak, mereka pun balik kanan dan mau tidak mau harus membeli bawang merah yang dibawa oleh petani di halaman parkir belakang. “Ya untuk membantu petani. Ini beli 2 kilogram. Kemarin beli satu kuintal,” kata Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Brebes Ratnawati.

PNS lainnya, Imam, juga ikut membeli bawang merah. Staff di Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) itu membeli empat kilogram seharga Rp 18 ribu per kilogram. Hal yang sama juga dilakukan puluhan PNS lainnya. Satu per satu nama mereka dicatat di selembar kertas untuk diabsen.

Seorang petani yang menjual saat itu, Nanang, mengaku senang bawangnya akhirnya laku terjual. Apalagi, harga yang dipatok dua kali lipat dari harga di pasaran saat ini. “Kalau biasanya Rp 9.000 per kilogram. Alhamdulillah sekarang lebih tinggi,” kata petani asal Desa Grinting itu.

Kewajiban membeli bawang merah bagi PNS itu sebagaimana instruksi Bupati Brebes Idza Priyanti. Bupati saat didemo ratusan petani Jumat lalu menyatakan mewajibkan bawahannya untuk membeli bawang minimal Rp 2 kilogram.

“Jumlah PNS di Brebes total 12.000. Jadi diharapkan nantinya bisa terserap sebanyak 24 ton,” kata Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Brebes, Sodikin.

Dia menjamin, pembelian bawang oleh PNS ini benar-benar untuk membantu petani. Pembelian dilakukan kepada petani melalui kelompok tani. Bukan tengkulak. “Jadi akan dilakukan sampai beberapa hari ke depan. Ini solusi jangka pendeknya,” katanya. (Rhn)

LEAVE A REPLY