HARI RAYA IDUL ADHA: Tenang, Pertamina Jamin Pasokan BBM di Pantura Aman

HARI RAYA IDUL ADHA: Tenang, Pertamina Jamin Pasokan BBM di Pantura Aman

67
0
BERBAGI
Ilustrasi pertamina. (foto: Tempo.co)

TEGAL, Panturapost.com – PT. Pertamina Persero menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) saat libur Idul Adha besok aman. Pertamina juga menjamin tragedi tersendatnya pengiriman BBM ke sejumlah SPBU pada saat libur Idul Fitri kemarin tidak akan terulang kembali. “Kami sudah diapkan semuanya, stok untuk tiga hari kedepan sudah siap,” kata Kepala Terminal BBM Pertamina Tegal, Mudji Hartono, Rabu, 7 September 2016.

Mudji mengatakan intensitas pengiriman BBM melalui kereta api akan ditingkatkan. Biasanya setiap hari dilakukan tiga kali, saat libur lebaran Idul Adha nanti akan ditingkatkan menjadi empat kali sehari. “Satu kereta itu memuat sekitar 600 kiloliter. Jika sehari biasanya tiga kereta berarti ada 1.800 kiloliter. Nah nanti ditambah lagi jadi 2.400  kiloliter,” kata Mudji.

Adapun kebutuhan BBM untuk jenis premium masih paling tinggi, meski trennya menurun. Kebutuhan premium di wilayah pantura barat yang biasanya 600 kiloliter per hari menurun menjadi 550 kiloliter per hari.   Kebutuhan BBM jenis pertamax sekitar 300 kiloliter per hari. Sedangkan BBM jenis pertalite sekitar 120 kiloliter per hari.

Menurut Mudji, peningkatan kebutuhan BBM saat libur Idul Adha nanti tidak seperti Idul Fitri kemarin. Saat itu, peningkatan konsumsi melonjak hingga lima kali lipat. Dia memprediksi peningkatan konsumsi hanya sekitar 10-15 persen. “Peningkatannya sedikit karena Idul Adha kan orang jarang yang mudik. Tapi kami tetap persiapan jika nanti kebutuhan melonjak,” kata dia.

Sementara itu, Retail Fuel Marketing IV Pertamina Karesidenan Pekalongan, Fachrizal Imaduddin, mengatakan pihaknya telah menyiapkan tambahan pasokan di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sejumlah titik. Di antaranya di SPBU Muri di Jalur Pantura Kabupaten Tegal dan SPBU di sekitar Exit Tol Pejagan, dan Exit Tol Brebes Timur. Titik-titik tersebut dinilai rawan terjadi peningkatan konsumsi BBM.

Pertamina juga sudah menyiapkan mobil tangki BBM yang akan disiagakan di dalam Tol Pejagan-Brebes Timur. Namun hingga kini, kata dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak pengelola Tol. “Ini untuk antisipasi jika terjadi lonjakan konsumsi BBM di sana,” kata dia.

Untuk mencegah tersendatnya distribusi BBM seperti lebaran Idul Fitri kemarin, Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ini terkait pengawalan truk tangki BBM saat mengirim ke BBM menuju SPBU.

Sumber: Koran Tempo

LEAVE A REPLY