Yenni Wahid : Pancasila Harus Dijaga dan Dipertahankan. Kenapa?

Yenni Wahid : Pancasila Harus Dijaga dan Dipertahankan. Kenapa?

124
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Direktur Wahid Institute Yenny Wahid mengatakan, Pancasila merupakan formula yang sudah final bagi bangsa Indonesia. Di dalam pancasila, seluruh sila-silanya mampu mengakomodir kepentingan dan kebhinekaan. Untuk itu, ia menegaskan Pancasila harus dijaga dan dipertahankan.

“Ini (pancasila) pusaka bangsa kita yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Karena itu harus kita jaga dan dipertahankan,” paparnya dalam acara Silaturahmi Merajut Kebangsaan di Komplek Al Hikmah 2 Benda, Kabupaten Brebes, Kamis (14/9/2017) sore.

Yenni menuturkan, Pancasila merupakan hasil pemikiran para ulama disepakati sebagai dasar negara. Dia menuturkan, dengan Pancasila semua umat beragama bisa beribadah dengan aman serta nyaman tanpa adanya intimidasi dan batasan.

Dikatakan, bangsa Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila. Pasalnya, seperti negara lain untuk masyarakatnya tidak diperbolehkan mengamalkan agamanya.

“Di Perancis ada sebuah sistem laicite dimana pemisahan antara pemerintah dengan agama. Artinya agama tidak ada tempatnya di masyarakat. Misalnya muslimah atau kristen menjadi guru negeri tidak boleh memakai simbol agama seperti jilbab atau salib,” ujar putri Persiden ke 4 RI ini.

Sementara itu, salah satu personil grup band Slank yang turut hadir Ivan mengaku senang bisa datang ke Ponpes Al Hikmah 2 Benda. Kunjungannya kali ini sudah yang ke 59 di Ponpes. Dia mengatakan, peran santri sangat penting untuk menangkal paham radikalisme dan bahaya narkoba yang mengancam bangsa.

“Kita sangat senang bisa hadir di sini. Kalau biasanya kita ke Bumiayu hanya lewat saja, namun kali ini bisa hadir dan disambut meriah oleh para santri,” tandasnya.(rez)

LEAVE A REPLY