Siap-siap, Mulai 29 Oktober 2017 Masuk Tol Brexit Wajib Pakai E-Money

Siap-siap, Mulai 29 Oktober 2017 Masuk Tol Brexit Wajib Pakai E-Money

230
0
BERBAGI
Gerbang Tol Brebes Timur. (Foto: Raihan/Panturapost.com)

TEGAL, Panturapost.com – Pembayaran tol dengan uang elektronik atau e-money mulai di sejumlah wilayah diberlakukan Oktober 2017. Di pintu masuk Tol Brebes Timur (Brexit) e-toll mulai diberlakukan mulai 29 Oktober 2017.

Kantor Perwakilan Bank lndonesia Tegal bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Himpunan Bank Negara (HiMBARA) dan BCA terus memperkuat koordinasi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan sistem pembayaran elektronik khususnya di ruas jalan tol Pejagan. Pemalang dan Kanci Pejagan

Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Keuangan Inklusif KPw BI Tegal Sutardi mengatakan pemberlakuan e-toll pada tanggal tersebut dimulai pukul 06.00 WIB.

“Kesuksesan implementasi ini tentunya tidak terlepas dari komitmen perbankan dalam penyediaan kartu uang elektronrik, komitmen BUJT dalam integrasi fasilitas tol, serta komitmen masyarakat untuk bertransisi dari perilaku tunai menjadi non tunai,” kata dia, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Dengan elektronifikasi jalan tol, kata dia, layanan pembayaran di jalan tol menjadi lebih cepat, praktis dan nyaman sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kelancaran di jalan tol. Karena itu, masyarakat dihimbau untuk mempersiapkan uang elektronik sebelum melintasi jalan tol.

“Untuk saat ini, pemerintah masih mendistribusikan uang elektronik dengan harga khusus, meskipun dalam jumlah terbatas,” kata dia.

Untuk uang elektronik harga khusus, dengan membayar Rp50.000, masyarakat akan memperoleh saldo senilai Rp50.000,-. Uang elektronik harga khusus ini tersedia dengan harga Rp50.000,dan Rp100.000,-. Sementara untuk harga normal, harga kartu perdana uang elektronik berkisar Rp20.000,-.

“Jadi dengan membayar Rp50.000, masyarakat akan memperoleh saldo senilai Rp30 000,-.”

Masyarakat dapat memilih uang elektronik yang diterbitkan oleh bank antara lain : E-money dari Bank Mandiri, Tapcash dan BNI, Brizzi dari BRI, Blink dari BTN, dan Flazz dari BCA.

Adapun penjualan uang elektronik saat ini dilayani di masing-masing bank maupun di gerbang tol Sementara fasilitas top up atau isi ulang uang elektronik dapat dilakukan di ATM, lndomaret, Alfamart, maupun melalui layanan internet banking dari masing-masing bank.(Rhn)

 

LEAVE A REPLY