Stadion Karangbirahi Tahun Ini akan Dirombak Besar-besaran. Berapa Anggarannya?

Stadion Karangbirahi Tahun Ini akan Dirombak Besar-besaran. Berapa Anggarannya?

1527
0
BERBAGI
Bupati Brebes Idza Priyanti (berbaju merah) berkunjung ke Stadion Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Kamis, 25 Agustus 2016. (Foto: Wasdiun/Humas Setda Brebes)

BREBES, Panturapost.com – Stadion Karangbirahi Brebes, rencanaya tahun ini mulai direnovasi dengan menggunakan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Perbaikan Stadion kebanggaan warga Brebes ini dinilai mendesak lantaran sudah tidak representative lagi untuk kegiatan olahraga. Renovasi ini juga diharapkan bisa mendongkrak prestasi olahraga Brebes yang selama ini berada di papan bawah.

Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengungkapkan tahun 2016 ini perbaikan akan dimulai di tribun timur sepanjang 22 meter dengan alokasi APBD Brebes sebesar Rp 1,5 miliar. “Sekarang tengah dilakukan penggarapannya, karena sudah ada pemenangnya,” ujar Idza sebagaimana siaran pers yang diterima Panturapost,com, Jumat, 26 Agustus 2016.

Sedangkan untuk tahun 2017, lanjut Idza, telah dibuatkan design engineering (DE) keseluruhan kawasan stadion Karang Birahi yang mengacu pada penganggaran bantuan gubernur dan APBD Brebes. Untuk bantuan gubernur akan diterima sebesar Rp 9 miliar yang diperuntukan untuk melanjutkan tribun timur berupa atap dan jalan akses dari sebelah pintu timur dengan anggaran Rp 1,5 miliar. Dan membuat lintasan atletik berikut drainasenya dengan dana Rp 7,5 miliar.

Baca juga: Ingin Rombak Stadion Karangbirahi, Bupati Idza Tiru Ciamis

Sedangkan untuk APBD Brebes, tahun 2017 diupayakan penganggarannya sebesar Rp 11 miliar. Antara lain, mengganti rumput stadion dengan menggunakan rumput sintetis sebesar Rp 2 miliar untuk seluruh lapangan sepak bola stadion, yang juga digarap system drainase yang baik.

Tribun barat, lanjutnya, juga akan disempurnakan termasuk pemenuhan perlengkapan sound system dan ruang komentator pertandingan. Untuk perbaikan ini, disediakan dana sebear Rp 3,5 miliar. Tidak hanya di dalam stadion, kata Idza, halaman depan stadion juga akan ditata sehingga benar-benar wajahnya tampak cantik dengan mengucurkan dana sebesar Rp 1,5 miliar.

Selain itu, kawasan stadion juga akan dilengkapi dengan lapangan futsal yang akan dibangun diantara kolam renang dan GOR. Lapangan futsal ini, dianggarkan sebesar Rp 4 miliar. “Saya pengin Brebes memiliki sarana dan prasarana olahraga yang berstandar nasional bahkan internasional,” ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Amin Budi Rahardjo yang ikut mendampingi menjelaskan, komitmen Bupati pada pembenahan sarana dan prasarana olahraga sangat kuat. Sehingga berbagai langkah strategis tengah ditempuhnya sebagai upaya perbaikan keolahragaan di Kabupaten Brebes. “Banyak potensi atlet, pelatih, sarana dan prasarana olah raga yang bisa mendongkrak kebangkitan dan kejayaan olah raga di Brebes,” imbuhnya. (Rhn/Wasdiun)

LEAVE A REPLY