Cara Anak-anak di Saditan Brebes Isi Liburan Sekolah

Cara Anak-anak di Saditan Brebes Isi Liburan Sekolah

212
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Mengisi liburan sekolah, pengurus masjid Baitul Makmur, Gang Buntu Saditan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes menyelenggarakan berbagai lomba keagamaan. Seperti cerdas cermat, lomba adzan dan Qori Al-Qur’an, Kamis malam 28 Desember 2017.

Puluhan anak antusias mengikuti lomba-lomba yang bernuansa islami itu. Lomba cerdas cermat misalnya, dimana setiap regu beranggotakan empat anak. Ada empat regu yang langsung dilombakan. Mereka dengan semangat berebut menjawab setiap pertanyaan yang dilemparkan oleh juri.

Cara berebut menjawab pertanyaan pun tergolong unik. Kalau cerdas cermat biasanya menggunakan bel untuk menjawab, kali ini mereka menggunakan alat-alat dapur seperti mangkuk, sendok, bahkan kaleng bekaspun bisa dijadikan alat sebagai bel.

Lomba cerdas cermat di Gang Buntu, Saditan Brebes.

Selain cerdas cermat, lomba adzan dan Qori Al-Qur’an juga tak disia-siakan oleh anak-anak. Para orang tua juga tak kalah serunya ketika memberikan semangat kepada anaknya.

Ketua penyelenggara lomba Arfan Budiman (35) menjelaskan, adanya lomba tersebut memang dikhususkan bagi anak usia sekolah yang tengah liburan. “Kita adakan kegiatan ini untuk memberikan aktivitas yang bermanfaat bagi mereka,” jelasnya.

Selain itu, dirinya menilai, perkembangan era gadget sekarang ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. “Memang sekarang hampir semua pegang android, tapi mereka tidak akan mendapatkan kebersamaan, untuk itu dalam kegiatan ini juga diutamakan adanya kebersamaan,” ujarnya.

Lomba diselenggarakan hanya semalam saja, dimulai ba’da isya dan berakhir malam itu juga. Sementara untuk hadiah bagi pemenang lomba diberikan usai sholat subuh.

“Kami sengaja mengumumkan dan membagikan hadiah pada waktu subuhan, jadi anak-anak terlatih untuk bangun pagi dan sholat subuh berjamaah di masjid,” tandas Arfan. (Fst)

LEAVE A REPLY