Kepala Dinas di Brebes Diperiksa Panwaslu Karena Terindikasi Tak Netral di Pilgub...

Kepala Dinas di Brebes Diperiksa Panwaslu Karena Terindikasi Tak Netral di Pilgub Jateng

201
0
BERBAGI

BREBES, Panturapost.com – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Zaenudin, diperiksa Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Selasa, 19 Desember 2017. Dia terindikasi tidak netral karena ikut terlibat dukung mendukung salah satu bakal calon gubernur Jawa Tengah.

Ketua Panwaslu Brebes, Wakro, mengatakan yang bersangkutan diperiksa karena hadir dalam acara pengukuhan pengurus DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Brebes, Kamis 14 Desember 2017. Acara yang digelar di sebuah hotel di Kecamatan Tanjung itu juga diisi dengan pengukuhan Relawan Jateng Gayeng (RJG), yang mendukung Heru Sudjatmoko sebagai calon gubernur. Heru saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Heru Sudjatmoko yang juga hadir dalam acara didampingi Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang. Dalam bukti foto-foto yang dimiliki panwas, backdrop acara itu juga terdapat tulisan dukungan kepada Heru untuk maju sebagai calon gubernur. Backdrop itu juga memuat foto Heru.

Menurut Wakro, kehadiran Zaenudin dalam acara itu diduga telah melanggar Undang-undang ASN. Dimana, aparatur sipil negara harus bebas dari pengaruh partai politik alias netral. Apalagi, posisinya saat ini sebagai kepala dinas. “Kami memiliki bukti foto-foto kehadiran ASN pada kegiatan itu, termasuk Pak Zaenudin. Ada juga kendaraan milik negara yang terparkir di hotel tempat kegiatan itu,” jelasnya.

Panitia pengawas telah memeriksa Zaenudin untuk dimintai klarifikasi, pada Selasa sore. Pihaknya juga memeriksa empat orang saksi yang merupakan pengurus DPC SBSI Brebes. Menurut dia, ada satu di antara empat orang itu, merupakan pegawai negeri. Saat ini Panwaslu belum bisa menyimpulkan hasil pemeriksaan karena akan mengkaji terlebih dulu temuan-temuan dan pemeriksaan saksi-saksi.

“Nanti kami juga akan melimpahkan kewenangan pemeriksaan kepada Bawaslu provinsi Jateng untuk memeriksa Kepala Disnakertrans Provinsi Jateng, Wika Bintang,” katanya

Sementara itu, Zaenudin saat dimintai konfirmasi membantah mendukung salah satu calon gubernur. Dia menjelaskan, kehadirannya dalam acara itu untuk mewakili Bupati Brebes untuk mendampingi Wika Bintang. Dia mengaku tak mengetahui acara pengukuhan DPC SBSI itu diselipi deklarasi dukungan kepada salah satu cagub.

“Saya datang hanya untuk mendampingi saja. Mewakili bupati. Saat itu tidak ada acara dukung mendukung. Kalau setelah acara itu mungkin iya. Tapi saya sudah tidak ikut,” katanya. (Mif)

LEAVE A REPLY