Jajak Pendapat Pilgub Jateng 2018: Ganjar Unggul 58 Persen dari Sudirman Said

Jajak Pendapat Pilgub Jateng 2018: Ganjar Unggul 58 Persen dari Sudirman Said

867
0
BERBAGI
Ganjar Pranowo vs Sudirman Said (Foto: Antara via Kumparan.com)

TEGAL, Panturapost.com – Pemilihan Gubernur Jawa Tengah beberapa bulan lagi akan digelar. Calonnya sudah hampir pasti ada dua pasangan. Mereka adalah Ganjar Pranowo (inkumben) yang berpasangan dengan Taj Yasin. Lawannya adalah Sudirman Said yang berpasangan dengan Ida Fauziyah.

Tidak sedikit yang menilai kedua pasangan calon tersebut memiliki posisi yang sama-sama kuat.

Sebagai petahana, tentunya Ganjar sudah punya basis massa yang cukup kuat. Apalagi, partai pengusungnya adalah PDIP. Kita semua tahu, Jawa Tengah dikenal sebagai Kandang Banteng atau basis PDIP. Sementara itu, calon wakil Ganjar juga didukung massa NU yang lumayan banyak. Taj Yasin adalah putra dari ulama NU karismatik asal Rembang, KH. Maimun Zubair.

Pasangan Sudirman Said-Fauziyah juga patut diperhitungkan. Sosok Sudirman yang dikenal sebagai simbol perlawanan terhadap korupsi dinilai mampu mendongkrak suara di Jateng. Apalagi, pasangannya adalah tokoh senior PKB yang juga mantan Ketua Umum Fatayat NU. Modal yang cukup untuk merebut suara NU dari kalangan ibu-ibu.

Media yang sedang Anda baca ini menggelar jajak pendapat di fanspage Facebook Pantura Post, yang telah diikuti lebih dari 35 ribu akun. Jajak pendapat digelar selama sepekan hari dari 11-18 Januari 2018. Ada 950 akun facebook yang berpartisipasi dalam jajak pendapat ini.

Hasilnya, pasangan Ganjar-Taj Yasin unggul 58 persen dibandingkan lawannya  Sudirman-Ida yang memperoleh 42 persen. Ganjar-Yasin mendapat 558 suara, sementara Sudirman-Ida mendapat 402 suara.

Dalam jajak pendapat tersebut, netizen juga mengungkapkan alasannya mengapa memilih salah satu dari pasangan calon tersebut.

“SUDIRMAN SAID baelah…kualitas wonge luih unggul…
aja ngileng partainya tp liat bersihnya…
alasan dipecat karna telah ngobok ngobok prifot…” tulis akun¬†Satria Arif Wirayudha yang mendukung Sudirman Said.

SURVEIJika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah digelar hari ini, siapa pasangan calon (Paslon) yang Anda pilih?

Posted by Pantura Post on Thursday, January 11, 2018

Sementara itu, salah satu pendukung Ganjar, Abdul, menulis, “Pilihanku pak ganjar pranowo.. ora pan milih sebelah wis ngerti sing ngusung sapa .. pengalaman DKI.”

Hasil jajak pendapat ini tentu tidak mewakili kekuatan kedua pasangan tersebut secara menyeluruh di 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Mengingat, pengikut fanspage Facebook Pantura Post mayoritas berasal dari wilayah Tegal-Brebes dan sekitarnya. Ke depan, bisa jadi hasil jajak pendapat yang sama akan berbeda seiring dengan dinamika politik yang terus berubah. (Rhn)

LEAVE A REPLY