Lima Hal yang Baru di Objek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Lima Hal yang Baru di Objek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes

1913
0
BERBAGI
Pemandangan dari Menara Pandang Hutan Mangrove Pandansari Brebes. (Foto: Raihan/Panturapost.com)

BREBES, Panturapost.com – Objek wisata alam Hutan Mangrove Pandansari Desa Kaliwlingi, Brebes semakin memesona. Dari waktu ke waktu, pengelola tempat wisata tersebut terus berbenah. Sejumlah fasilitas ditambah, mulai dari akses menuju lokasi hingga sajian tempat kuliner yang semakin tertata.

Sebagaimana diketahui, tempat ini dulunya hanya tambak ikan yang terkena abrasi. Lalu, atas inisiasi seorang waga setempat, Mashadi, kawasan ini ditanami pohon mangrove. Hingga kini, lahan seluas 1.000 hektare lebih ini sebagian sudah tumbuh  tanaman bakau tersebut.

Sejak dibuka sebagai tempat wisata 2015 lalu, pengunjung Hutan Mangrove Pandansari terus meningkat. Ini tak lain karena keindahan wisata tersebut dan manajemen yang bagus. Masyarakat sekitar dilibatkan, untuk menjadi pemandu wisata, tukang parkir, dan pedagang. Dampaknya ekonomi sekitar meningkat.

Lalu apa saja yang baru di objek wisata unggulan Brebes ini? Simak ulasan berikut:

  1. Akses sudah mulus
Jalan menuju Objek Wisata Hutan Mangrove Pandansari sudah mulus, (Foto: Raihan/Panturapost.com)

Kemudahan akses bagi sebuah objek wisata itu sangatlah penting. Dulu, akses menuju Hutan Mangrove Pandansari ini rusak parah. Beberapa spot jalan di wilayah Kaliwlingi bergelombang dan berlubang. Namun sejak dua bulan terakhir ini, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah memperbaiki jalur tersebut sehingga nyaman untuk dilewati.

  1. Jumlah Pengunjung
@
Pengunjung wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes membludak saat libur lebaran, Kamis 29 Juni 2017. (Foto; Frasta Abdillah)

Jumlah pengunjung Hutan Mangrove Pandansari Brebes dari waktu ke waktu terus bertambah.  Saat ini, wisatawan yang datang di hari biasany mencapai 200-300 pengunjung. Di akhir pekan bisa menapai 1.000 orang.

  1. Warung yang tertata
Deretan warung tertata rapi di kaasan Hutan Mangrove Pandnasari Brebes. (Foto: Raihan/Panturapost.com)

Hutan Mangrove Pandansari Brebes dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Mereka memanfaatkan areal hutan ini untuk berdagang. Saat ini ada sekitar 70 lebih warung yang ada di kawasan hutan mangrove. Tak hanya makanan, mereka juga menjual aneka oleh-oleh seperti kaus, topi, dan pernak-pernik lainnya. Meski banyak jumlahnya, penempatan pedagang ditata rapi sehingga membuat pengunjung nyaman.

  1. Menara pandang
Pemandangan dari Menara Pandang Hutan Mangrove Pandansari Brebes. (Foto: Raihan/Panturapost.com)

Sebelumnya, menara pandang ini jumlahnya hanya satu. Sekarang, ada menara pandang yang lebih tinggi hingga lebih dari 10 meter. Di sana, Anda bisa melihat pemandangan alam hutan mangrove yang hijau dan indah.

  1. Spot Selfie
Area selfie di Hutan Mangrove Pandansari Brebes. (foto: Raihan/Panturapost.com)

Area untuk berswafoto atau spot selfie bagi anak muda saat ini seperti menjadi kebutuhan dasar. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan itu, pengelola Hutan Mangrove Pandansari menyediakan berbagai area swafoto di sejumlah titik. Di sana, Anda bisa berfoto sepuasnya untuk mengabadikan momen liburan bersama teman, saudara atau keluarga. (Rhn)

LEAVE A REPLY