Libur Tahun Baru, Pulau Cemara Brebes Diserbu Wisatawan

Libur Tahun Baru, Pulau Cemara Brebes Diserbu Wisatawan

519
0
BERBAGI

BREBES,Panturapost.com – Hampir sebagian besar orang menghabiskan waktu mereka untuk berekreasi bersama keluarga. Ini menyebabkan destinasi wisata kebanjiran pengunjung. Hal itu dirasakan di beberapa tempat di kawasan wisata di Brebes.

Selain hutan mangrove yang sedang menjadi primadona, Pulau Cemara pun menjadi tujuan para pelancong dalam mengisi masa liburan tahun baru. Tempat wisata yang memiliki keunggulan pada spot selfi. Tentu ada juga pohon cemara membentang di pinggir pantai.

Wisata pulau cemara ini terletak di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Jarak tempuh dari pantura pun terbilang cukup dekat. Saat liburan, jumlah pengunjung wisata ini melonjak tajam.

Pengelola Pulau Cemara sampai menambah sarana dan prasarana dalam menghadapi musim libur tahun baru. “Ada 8 perahu yang kami siapkan untuk mengantar pengunjung dari dermaga ke pulau cemara,” kata Mualimah yang juga sebagai sekretaris Pokdarwis.

Dari pantauan tim, beberapa pohon cemara memang ada yang hilang. Pengelola menjelaskan, hal itu karena dampak badai cempaka beberapa waktu lalu. “Selain cemara tumbang, spot selfi dan tempat tunggu juga terdampak badai cempaka,” kata Siti Mualimah.

Namun demikian, Bu Imah sapaan akrabnya, pengelola akan selalu memberikan inovasi terhadap pulau cemara. “Saat ini sudah kita buatkan sumur artesis, jadi di tengah laut tetap ada air bersih untuk bilas, MCK, tempat¬†wudlu dan lainnya,” jelasnya.

Beberapa fasilitas tambahan lain diantara kolam ikan, warung yang sudah dibuatkan tempat terapung dan pembuatan land mark baru di tengah pulau.

Terkait dengan sarana jalan menuju dermaga, pengelola menjelaskan di tahun 2018 ini segera mendapatkan dana aspirasi dari anggota dewan baik kabupaten maupun propinsi. “Insyaallah dapat 3 M, itu untuk akses jalan, infrastruktur di pulau Cemara dan penataan pedagangnya,” kata Imah.

Meningkatkannya jumlah wisatawan yang berkunjung di Pulau Cemara, tidak serta merta membuat pengelola menaikkan harga tiket masuk. “Kami tidak menaikkan harga tiket, masih sama dengan hari biasa 15 ribu saja,” ungkap Siti Mualimah.

Salah satu pengunjung Fadil (23) asal Ketanggungan mengaku puas dengan pemandangan dan tempat berswafoto yang variatif. “Bagus buat foto dan santai bareng keluarga, tapi akses jalan ke dermaga kurang bagus,” katanya. (Fst)

LEAVE A REPLY